Analisis Swot Perusahaan Apple
Analisis Swot
Perusahaan Apple
Perusahaan Apple adalah perusahan
yang besar dan sukses, pendiri perusahaan Apple adalah Steve Jobs, perusahan Apple
berasal dari perusahaan multinasional yang
berpusat di silicon valley Cupertino, California dan bergerak dalam bidang
perancangan, pengembangan dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen,
perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada
tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada
tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer"
dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran
iPhone.
Apple dikenal akan jajaran produk
perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS,
pemutar musik iTunes,
serta peramban web Safari,
dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac,
komputer jinjing MacBook Pro, pemutar laguiPod,
serta telepon genggam iPhone dan jam tangan pintar Apple Watch.
Analisis swot apple yang pertama adalah
1.
Perencanaan strategis yng digunakan untuk
mengevaluasi kekuatan (strengths)
Apple
adalah perusahaan yang sangat sukses. Penjualan dari pemutar musik iPod
telah meningkatkan laba kuartal kedua hingga $ 320 (Juni 2005). Persepsi
merek yang menguntungkan juga meningkat penjualan komputer Macintosh. Jadi
iPod perusahaan memberikan akses ke seluruh seri baru segmen yang membeli ke
bagian lain dari merek Apple. Penjualan dari produk-produk notebook juga
sangat kuat, dan merupakan kontribusi besar untuk pendapatan untuk Apple. Merek
adalah yang paling penting. Apple adalah salah satu yang paling mapan dan
sehat merek IT di Dunia, dan memiliki seperangkat sangat setia antusias
pelanggan yang mendukung merek. Kesetiaan yang begitu kuat berarti bahwa
tidak cukup hanya merekrut pelanggan baru, hal itu tetap mereka yaitu mereka
datang kembali untuk lebih banyak produk dan jasa dari Apple, dan perusahaan
ini juga memiliki kesempatan untuk memperluas produk-produk baru kepada mereka,
misalnya iPod.
2.
Kelemahan
(weaknesses) yang ada di Apple
Hal
ini melaporkan bahwa iPod Nano Apple mungkin memiliki layar
rusak. Perusahaan telah berkomentar bahwa batch dari produk layar yang
patah di bawah pengaruh, dan perusahaan menggantikan semua item rusak. Hal ini
merupakan tambahan masalah dengan iPod awal baterai yang rusak, di mana
perusahaan menawarkan pelanggan bebas kasus baterai.
Ada
tekanan pada Apple untuk meningkatkan harga dari musik download file, dari
industri musik itu sendiri. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini membuat
lebih banyak uang dari iTunes (yaitu musik download file) dari dari penjualan
CD asli mereka. Apple telah menjual sekitar 22 juta iPod pemutar musik
digital dan lebih dari 500 juta lagu meskipun toko musik iTunes. Bertanggung
jawab atas 82% dari semua musik download secara legal di AS. Perusahaan
ini tegas, tetapi jika menyerah pada produser musik, hal itu dapat dianggap
sebagai kelemahan komersial. Awal tahun 2005 Apple mengumumkan bahwa itu adalah
untuk mengakhiri hubungan lama dengan IBM sebagai pemasok chip, dan bahwa itu
akan beralih ke Intel.Beberapa ahli industri berkomentar bahwa swap bisa
membingungkan konsumen Apple.
3.
peluang
(opportunities)
Hal
ini melaporkan bahwa iPod Nano Apple mungkin memiliki layar
rusak. Perusahaan telah berkomentar bahwa batch dari produk layar yang
patah di bawah pengaruh, dan perusahaan menggantikan semua item rusak. Hal ini
merupakan tambahan masalah dengan iPod awal baterai yang rusak, di mana
perusahaan menawarkan pelanggan bebas kasus baterai.
Ada
tekanan pada Apple untuk meningkatkan harga dari musik download file, dari
industri musik itu sendiri. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini membuat
lebih banyak uang dari iTunes (yaitu musik download file) dari dari penjualan
CD asli mereka. Apple telah menjual sekitar 22 juta iPod pemutar musik
digital dan lebih dari 500 juta lagu meskipun toko musik iTunes. Bertanggung
jawab atas 82% dari semua musik download secara legal di AS. Perusahaan
ini tegas, tetapi jika menyerah pada produser musik, hal itu dapat dianggap
sebagai kelemahan komersial.
Awal tahun 2005 Apple mengumumkan bahwa itu adalah untuk
mengakhiri hubungan lama dengan IBM sebagai pemasok chip, dan bahwa itu akan
beralih ke Intel.Beberapa ahli industri berkomentar bahwa swap bisa
membingungkan konsumen Apple.
4.
ancaman (threats)
Ancaman
terbesar bagi perusahaan-perusahaan IT seperti Apple adalah sangat tinggi
tingkat kompetisi di pasar teknologi. Sukses kompetisi menarik, dan Apple
bekerja sangat keras untuk penelitian dan pengembangan dan pemasaran dalam
rangka untuk mempertahankan posisi kompetitif. Popularitas iPod dan Apple
Mac tunduk pada permintaan, dan akan terpengaruh jika ekonomi mulai goyah dan
permintaan jatuh untuk produk mereka. Ada juga produk tinggi efek substitusi
dalam inovatif dan bergerak cepat habis pakai TI pasar. Jadi iPod dan MP3
aturan hari ini, tapi baru kemarin itu CD, DAT, dan Vinyl.Teknologi Besok
mungkin akan sama sekali berbeda. Teknologi nirkabel dapat menggantikan
kebutuhan fisik pemutar musik.
Pada
tahun 2005 Apple memenangkan kasus hukum yang memaksa nama Blogger untuk
sumber-sumber informasi yang empted pra-peluncuran produk Apple baru. Itu
menduga bahwa karyawan Apple sendiri telah membocorkan informasi rahasia
tentang produk asteroid baru mereka. Tiga orang dituntut, semua milik
Apple upeti situs, dan penggemar berat produk perusahaan. The blog telah
muncul di situs mereka, dan mereka dipaksa untuk mengungkapkan sumber
mereka. Yang berkuasa melihat kerahasiaan komersial lebih penting sebagai
hak untuk pidato individu. Apple rentan terhadap kebocoran yang dapat
merugikan mereka keuntungan.
Komentar
Posting Komentar