Psikologi Menejemen
ANALISIS DIMENSI-DIMENSI KOMUNIKASI ORGANISASI
Dalam kehidupan sehari-harinya manusia saling berinteraksi dengan
orang lain. Proses menyampaikan sesuatu kepada orang lain (lebih dari satu
orang) adalah dengan berkomunikasi. Seperti yang di katakan oleh Lexicographer,
yaitu komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai
kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap
pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya. Berkomunikasi dengan
cara verbal seperti yang di katakana oleh Hoben, Komunikasi adalah
pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal. Dan Berkomunikasi deengan
caranon verbal.
Berkomunikasi sangat lah penting, di pakai di semua bidang,
seperti dalam berorganisasi, antar budaya dan sebagainya. Saling berinteraksi
antara satu orang dengan orang lain atau dengan kelompok. Berkomunikasi juga
cara penghubung antar dua atau lebih sebuah kebudayaan dan negara. Pada zaman
modern yang seperti sekarang, berkomunikasi tidak hanyalah dengan cara tatap
muka atau interpersonal. Pada saat ini teknologi menjadi perantara sebuah
komunikasi perseorangan maupun kepada orang banyak.
Contoh kasus
yang akan di analisi adalah
Pada tanggal 10 November 2016 saya
bersama teman sedang berada di salah satu mall yang berada di kawasan depok
yaitu Margo City saya berjalan dari parkiran
mobil menuju escalator dan teman saya melihat kearah kiri jalan ada terdapat
centro dan bertuliskan sale mulai
dari baju, sepatu, tas, aksesoris dll. saya mengajak teman saya untuk melihat
kedalam, dan saya melihat tas yang berwarna coklat, saya memanggil salah
satukaryawan yang ada di situ untuk menanyakan apakah ada tas yang sama
modelnya seperi ini tapi berwarna hitam? Dan kariyawan tersebut meninggalkan
kami sebentar untuk mencari barang yang kita maksud. Karyawan itu menanyakan
pada teman nya apakah masih tersedia barang yang saya inginkan atau sudah
habis.
Saat saya mennggu karyawan mengecek
barang yang saya inginkan tersedia atau tidak saya melihat meneger datang dari ruangannya
memerintahkan kariyawan yang ada di samping saya untuk ikut membantu menejer di
ruangannya . tidak lama kemudian kariyawan yang tadi saya minta tolong keluar
membawa tas berwarna hitam yag saya inginkan dan menanyakan apakah barang ini
yang saya maksud. Karyyawan itu membawa tas hitam itu ke kasir dan saya membayar nya.
ANALISIS
A. Komunikasi Internal
a) Komunikasi
vertikal
komunikasi dari
atas ke bawah dan dari bawah ke atas. Komunikasi dari pimpinan kepada bawahan
dan dari bawahan kepada pimpinan. Dalam komunikasi vertikal, pimpinan
memberikan instruksi-instruksi, petunjuk-petunjuk, informasi-informasi, dan
lain-lain kepada bawahannya. Sedangkan bawahan memberikan laporan-laporan,
saran-saran, pengaduan-pengaduan dan sebagainya kepada pimpinan. Dari narasi
diatas dapat dilihat adanya komunikasi vertikal dimana pada saat manager menhampiri
salah satu karyawan dan berbincang menyampaikan informasi pada karyawan
tersebut.
b) Komunikasi
Horizontal
komunikasi
antara sesama seperti dari karyawan kepada karyawan, manajer kepada manajer.
Pesan dalam komunikasi ini bisa mengalir di bagian yang sama di dalam
organisasi atau mengalir antarbagian. Komunikasi lateral ini memperlancar
pertukaran pengetahuan, pengalaman, metode, dan masalah. Dari narasi diatas
terlihat bahwa adanya komunikasi horizontal pada saat karyawan memanggil salah
satu karyawan lainnya untuk menggantikan posisinya untuk sementara.
B. Komunikasi Eksternal
a) Isi
Isi adalah apa
yang dibicarakan dalam komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain atau
bahkan lebih. Dari narasi diatas dapat dilihat ketika seorang karyawan meminta
temannya untuk menggantikan posisinya di kasir.
b) Kebisingan
Kebisingan
adalah tinggi rendahnya suara yang terdengar dalam melakukan komunikasi. Dari
narasi diatas dapat diketahui bahwa suasana toko yang begitu ramai dapat
menganggu proses perbincangan.
c) Jaringan
Jaringan adalah
sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukan
komunikasi. Diantaranya ada komunikasi yang bergantung pada (jaringan satelit).
Dari narasi diatas terlihat seorang manager menghampiri seorang karyawan dan
masuk kedalam ruangan, disana tidak terlihat apakah seorang manager tersebut
memanggil seorag karyawan untuk menemui atasannya atau bukan.
d) Arah
Komunikasi
terdiri dari 2 macam arah yaitu :
1. komunikasi
satu arah adalah hanya ada satu orang berbicara menyampaikan infomasi untuk
satu orang atau lebih contohnya promosi produk tertentu atau guru dikelas.
2. Komunikasi 2
arah adalah adanya interaksi antara satu orang menyampaikan informasi satu orang
atau lebih juga ikut berbicara sehingga terciptanya interaksi untuk
menyampaikan beberapa informasi.
Dari cerita dapatdilihat
bawhwa komunikasi yang digunakan adalah komunikasi 2 arah.
Komentar
Posting Komentar