Psikologi Menejemen


ANALISIS DIMENSI-DIMENSI KOMUNIKASI ORGANISASI

Dalam kehidupan sehari-harinya manusia saling berinteraksi dengan orang lain. Proses menyampaikan sesuatu kepada orang lain (lebih dari satu orang) adalah dengan berkomunikasi. Seperti yang di katakan oleh Lexicographer, yaitu komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya. Berkomunikasi dengan cara verbal seperti yang di katakana oleh Hoben, Komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal. Dan Berkomunikasi deengan caranon verbal.
Berkomunikasi sangat lah penting, di pakai di semua bidang, seperti dalam berorganisasi, antar budaya dan sebagainya. Saling berinteraksi antara satu orang dengan orang lain atau dengan kelompok. Berkomunikasi juga cara penghubung antar dua atau lebih sebuah kebudayaan dan negara. Pada zaman modern yang seperti sekarang, berkomunikasi tidak hanyalah dengan cara tatap muka atau interpersonal. Pada saat ini teknologi menjadi perantara sebuah komunikasi perseorangan maupun kepada orang banyak.
Contoh kasus yang akan di analisi adalah
            Pada tanggal 10 November 2016 saya bersama teman sedang berada di salah satu mall yang berada di kawasan depok yaitu Margo City  saya berjalan dari parkiran mobil menuju escalator dan teman saya melihat kearah kiri jalan ada terdapat centro dan bertuliskan sale mulai dari baju, sepatu, tas, aksesoris dll. saya mengajak teman saya untuk melihat kedalam, dan saya melihat tas yang berwarna coklat, saya memanggil salah satukaryawan yang ada di situ untuk menanyakan apakah ada tas yang sama modelnya seperi ini tapi berwarna hitam? Dan kariyawan tersebut meninggalkan kami sebentar untuk mencari barang yang kita maksud. Karyawan itu menanyakan pada teman nya apakah masih tersedia barang yang saya inginkan atau sudah habis.
            Saat saya mennggu karyawan mengecek barang yang saya inginkan tersedia atau tidak  saya melihat meneger datang dari ruangannya memerintahkan kariyawan yang ada di samping saya untuk ikut membantu menejer di ruangannya . tidak lama kemudian kariyawan yang tadi saya minta tolong keluar membawa tas berwarna hitam yag saya inginkan dan menanyakan apakah barang ini yang saya maksud. Karyyawan itu membawa tas hitam itu ke kasir dan saya  membayar nya.
ANALISIS
      A.      Komunikasi Internal
a)      Komunikasi vertikal
komunikasi dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas. Komunikasi dari pimpinan kepada bawahan dan dari bawahan kepada pimpinan. Dalam komunikasi vertikal, pimpinan memberikan instruksi-instruksi, petunjuk-petunjuk, informasi-informasi, dan lain-lain kepada bawahannya. Sedangkan bawahan memberikan laporan-laporan, saran-saran, pengaduan-pengaduan dan sebagainya kepada pimpinan. Dari narasi diatas dapat dilihat adanya komunikasi vertikal dimana pada saat manager menhampiri salah satu karyawan dan berbincang menyampaikan informasi pada karyawan tersebut.
b)      Komunikasi Horizontal
komunikasi antara sesama seperti dari karyawan kepada karyawan, manajer kepada manajer. Pesan dalam komunikasi ini bisa mengalir di bagian yang sama di dalam organisasi atau mengalir antarbagian. Komunikasi lateral ini memperlancar pertukaran pengetahuan, pengalaman, metode, dan masalah. Dari narasi diatas terlihat bahwa adanya komunikasi horizontal pada saat karyawan memanggil salah satu karyawan lainnya untuk menggantikan posisinya untuk sementara.   
      B.      Komunikasi Eksternal
a)      Isi
Isi adalah apa yang dibicarakan dalam komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain atau bahkan lebih. Dari narasi diatas dapat dilihat ketika seorang karyawan meminta temannya untuk menggantikan posisinya di kasir.
b)      Kebisingan
Kebisingan adalah tinggi rendahnya suara yang terdengar dalam melakukan komunikasi. Dari narasi diatas dapat diketahui bahwa suasana toko yang begitu ramai dapat menganggu proses perbincangan.
c)      Jaringan
Jaringan adalah sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukan komunikasi. Diantaranya ada komunikasi yang bergantung pada (jaringan satelit). Dari narasi diatas terlihat seorang manager menghampiri seorang karyawan dan masuk kedalam ruangan, disana tidak terlihat apakah seorang manager tersebut memanggil seorag karyawan untuk menemui atasannya atau bukan.
d)      Arah
Komunikasi terdiri dari 2 macam arah yaitu :
1. komunikasi satu arah adalah hanya ada satu orang berbicara menyampaikan infomasi untuk satu orang atau lebih contohnya promosi produk tertentu atau guru dikelas.
2. Komunikasi 2 arah adalah adanya interaksi antara satu orang menyampaikan informasi satu orang atau lebih juga ikut berbicara sehingga terciptanya interaksi untuk menyampaikan beberapa informasi.
Dari cerita dapatdilihat bawhwa komunikasi yang digunakan adalah komunikasi 2 arah.
Description: C:\Users\ASUS\Downloads\Centro Lifestyle Dept Store.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Swot Perusahaan Apple

KEPRIBADIAN SEHAT MENURUT ABRAHAM MASLOW

TEORI KEPRIBADIAN SEHAT MENURUT PENDAPAT ROGERS